Muhammadiyah yang sekarang sudah berumur lebih dari 100 tahun, merupakan organisasi yang besar.  Di berbagai lini, baik di pusat hingga daerah ada banyak kader-kader muhammadiyah di dalamnya.  Memang keniscayaan bahwa, sebuah organisasi harus memiliki kader-kader yang solid.

 

Muhamamdiyah dengan berbagai ortomnya.  Mulai dari IPM, PM, HW, TS, KOKAM, muhammadiyah membentuk kader-kader terbaiknya, untuk selanjutnya di terjunkan di masyarakat.  Sehingga, muhammadiyah terus berkembang dan berkemajuan.

 

Dalam pembinaan kader di sekolah, dikenal adanya IPM.  Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini sebagai wadah para pelajar untuk mengembangkan dirinya, terutama berkaitan dengan ilmu pengetahuan.  Dan dalam pembinaannya ada  yang dinamakan dengan Taruna Melati 1, sebagai modal dasar untuk belajar berorganisasi di IPM.

 

SMK Muhammadiyah Kretek, mengadakan Taruna Melati 1 dengan harapan terbentuknya kader-kader yang solid.  TM 1 yang diadakan selama 2  hari 1 malam di Parangtritis Geo Sparsial Park.  Di dalamnya disisipkan materi mulai dari keislaman sampai dengan keorganisasian.