Tanggal 28 Februari merupakan hari dimana lahirnya SMK Muhammadiyah Kretek.  yang dulu awalnya adalah SPG sampai tahun 1989 yang kemudian berubah menjadi SMEA Muhammadiyah Kretek lalu berubah nama menjadi SMK Muhammadiyah Kretek sampai dengan saat ini.  SMK Muhammadiyah Kretek memang mempunyai sejarah yang panjang.

Saat ini SMK Muhammadiyah Kretek telah berusia 28 tahun.  Sebuah umur yang cukup matang, untuk pengelolaan pendidikan.  Dan dari tahun ke tahun SMK Muhammadiyah Kretek selalu melakukan inovasi untuk kemajuannya.  Memang sudah seharusnya seperti itu sebagai sekolah yang boleh dibilang cukup lama.

Pada ulang tahunnya yang ke 28 ini, SMK Muhammadiyah Kretek mempunyai kado yaitu jurusan baru, bidang otomotif yaitu teknik sepeda motor.  Program keahlian yang baru di bukan ini diharapkan dapat memberikan solusi kepada masyarakat dalam pemenuhan lapangan kerja.

Harapan dari SMK Muhammadiyah Kretek adalah ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.  Menbangun akhlaqul karimah siswa, termasuk didalamnya mental juara sehingga siap untuk terjun di dunia kerja.  Begitulah harapan di ulang tahunnya yang ke 28.