Praktek Industri adalah suatu hal wajib yang harus dilakukan siswa apalagi untuk siswa SMK.  PI bertujuan untuk mengenalkan Dunia Industri kepada siswa sehingga jika nanti sudah terjun ke dunia kerja sudah mulai terbiasa.  disamping itu pula, PI juga bermanfaat untuk melatih kemandirian siswa.

SMK Muhammadiyah Kretek, sebentar lagi akan melaksanakan PI.  PI tersebut dilaksanakan untuk kelas XI baik Akuntansi maupun Rekayasa Perangkat Lunak.  Untuk yang jurusan Akuntansi, anak-anak banyak yang melakukan praktek di BMT maupun lembaga keuangan lain,  sedangkan yang jurusan Rekayasa Perangkat Lunak akan terjun di toko-toko komputer terdekat.
Anak-anak kelas  XI yang akan melaksanakan PI, tentunya butuh persiapan dan segala hal yang dibutuhkan lainnya.  Maka dari itu, diadakanlah pembekalan PI di SMK Muhamamdiyah Kretek.  Hadir narasumber pada pembekalan tersebut adalah dari BUKP Kretek dan Twins Jaya Computer.  Keduanya memaparkan apa-apa yang harus dilaksanakan di Dunia Industri.

Diharapakan nantinya, setelah diadakan pembekalan ini, anak-anak yang akan melaksanak PI dapat lebih siap dan memperoleh manfaat setelah PI.  Bisa menerapkan ilmu yang di dapat di sekolah ke Dunia Kerja.