Pendampingan Pengembangan KSP di SMK Muhammadiyah Kretek: Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Keselarasan dengan Dunia Kerja



Kretek, 16 Juni 2025 – SMK Muhammadiyah Kretek terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan, terutama dalam hal kualitas pembelajaran dan keselarasan dengan dunia kerja. Sebagai tindak lanjut dari hasil evaluasi rapat internal sekolah, dua aspek tersebut masih berada dalam kategori kuning atau perlu perhatian khusus.

Untuk itu, hari ini dilaksanakan kegiatan Pendampingan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) bersama narasumber serta tim pengembang KSP yang berkompeten.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman tim sekolah mengenai:

  • Struktur dan sistematika KSP
  • Pengembangan karakteristik satuan pendidikan
  • Sinkronisasi visi, misi, dan tujuan dengan kebutuhan peserta didik
  • Pengorganisasian pembelajaran yang efektif dan kontekstual
  • Evaluasi serta pengembangan profesional berkelanjutan

Materi Pendampingan oleh Ibu Giyarsih

Ibu Dra. Giyarsih, S.Si., M.Pd. selaku narasumber, menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi landasan dalam pengembangan KSP yang berkualitas dan berkelanjutan, antara lain:

1. Sistematika KSP

Dokumen KSP harus memiliki alur yang jelas, mulai dari identitas satuan pendidikan, visi misi, karakteristik peserta didik, strategi pembelajaran, hingga evaluasi mutu. Sistematika ini harus disusun rapi agar memudahkan semua pihak untuk memahami arah pengembangan sekolah.

2. Karakteristik Satuan Pendidikan

Setiap satuan pendidikan memiliki kekhasan. SMK Muhammadiyah Kretek sebagai sekolah vokasi berbasis keislaman perlu menonjolkan nilai-nilai keunggulan lokal, karakter religius, dan kekuatan di bidang keahlian masing-masing jurusan.

3. Visi, Misi, dan Tujuan

Visi sekolah harus menjadi cita-cita jangka panjang yang menginspirasi. Misi adalah langkah-langkah strategis, dan tujuan adalah hasil yang ingin dicapai secara konkret. Ketiganya harus selaras dan dirasakan oleh semua warga sekolah.

4. Pengorganisasian Pembelajaran

Pembelajaran tidak hanya tentang menyampaikan materi, tapi juga bagaimana mengelola waktu, sumber belajar, metode, dan penguatan keterampilan abad 21. Ibu Giyarsih menekankan pentingnya pembelajaran berbasis project dan teaching factory di SMK.

5. Evaluasi, Pengembangan Profesional, dan Pendampingan

Pengembangan guru dan tenaga kependidikan harus terus dilakukan. Evaluasi dilakukan secara berkala, dan hasilnya menjadi dasar pendampingan lanjutan. Ini sejalan dengan peningkatan kualitas layanan pendidikan yang berkelanjutan.

Komitmen Perbaikan di Tahun Pelajaran Baru

Bapak Anggit Nurochman, M.Pd., Kepala SMK Muhammadiyah Kretek, menyatakan bahwa hasil rapat evaluasi sekolah akan menjadi acuan dalam menyusun strategi peningkatan mutu tahun pelajaran 2025/2026. Fokus utama akan diarahkan pada:

  • Peningkatan kualitas pembelajaran berbasis industri
  • Keselarasan dengan dunia usaha/dunia industri/dunia kerja di semua jurusan
  • Peningkatan kompetensi guru dan penguatan budaya mutu


Menuju Sekolah yang Bermutu dan Relevan dengan Dunia Kerja

Dengan adanya pendampingan pengembangan KSP ini, SMK Muhammadiyah Kretek berharap dapat memperkuat posisi sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya mendidik secara akademis, tetapi juga mempersiapkan siswa secara profesional dan spiritual untuk menghadapi dunia kerja.

"Sekolah hebat bukan yang sempurna, tapi yang terus belajar dan berbenah." – Pesan reflektif dari kegiatan hari ini.

0 Komentar