Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah salah satu agenda untuk melakukan penilaian, sehingga dengannya Bapak/Ibu Guru bisa mengukur kemampuan siswa di bidang akademik.  Begitupun di SMK Muhammadiyah Kretek.

Beberapa waktu yang lalu, telah dilaksanakan PTS.  PTS tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI secara semi online.  Saat pandemi covid-19 yang dimana kita menerapkan 5M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, mengurangi mobilitas, mengurangi kerumunan maka PTS semi online menjadi salah satu solusi.

PTS telah selesai, maka hasilnya pun di bagikan ke pada para orang tua/wali murid.  Dengan menerapkan prokes, telah dilaksanakan pelaporan tersebut.  Disamping itu pula, ada pembinaan dan informasi sekolah.

Saat pandemi seperti ini, mungkin semangat belajar ada yang turun, namun juga ada yang tetap bersemangat.  Maka ingatlah pesan Rasul SAW, Barangsiapa yang mudahkan jalannya untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan jalannya ke surga, dengan begitu kita akan bersemangat lagi.