Dalam rangka Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-13, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menghelat Anugerah Pendidikan Berkemajuan (APB) Muhammadiyah Tahun 2022 dengan tema “Berprestasi, Berdedikasi dan Berkomitmen untuk Mewujudkan Pendidikan Muhammadiyah Berkemajuan”. Acara ini bertujuan untuk memberikan Anugerah kepada setiap kategori yang dinilai dari beberapa aspek.

Acara yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PWM DIY sudah berlangsung sejak bulan Agustus dimana ada sosialisasi di beberapa sekolah/madrasah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan setiap Kabupaten mengirim 2 kategori atau kandidat untuk nominasi Anugerah Pendidikan Berkemajuan (APB) Muhamadiyah.

Kegiatan semarak muswil sendiri berlangsung dengan 4 rangkaiaan yang di mulai pada tanggal 30 November bertempat di gedung PWM DIY dengan kegiatan Sarasahan, kemudian dilaksanakan pentas seni dan pameran di Benteng Vrederburg tanggal 14-16 desember 2022, dan akan di tutup dengan acara pengajian akbar di amongrogo tanggal 24 Desember 2022 kemarin.

Pada kesempatan kali ini, SMK Muhammdiyah Kretek Alhamdulillah masuk nominasi penerima Anugerah Pendidikan Berkemajuan pada kategori Siswa Berprestasi atas nama Reva Ariana Puspita kelas XI AKL.  Reva sendiri sudah berulang kali meraih prestasi pada bisa seni bela diri baik nasional maupun daerah.  Berbagai ajang ia ikut dan Alhamdulillah selalu mendapat juara 1.

Pada acara Anugerah Pendidikan Berkemajuan ini juga Alhamdullah masuk nominasi dan ternyata menjadi salah satu peraih Anugerah Pendidikan Berkemajuan dalam rangka Semarak Muswil PWM DIY.  sehingga dia memperolah uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah dan gratis kuliah di UMY, UNISA atau UAD.  Pesan dari Ibu Kepala Sekolah, Ibu RR Uning Suciasih, S.Pd., "Semoga bisa menjadi penyemangat dan teladan buat teman-temannya"